Penerimaan Anggota TNI 2017-2018

Penerimaan Anggota TNI 2017 -- Penerimaan Anggota TNI AD AL AU, Seleksi Calon Anggota TNI, Pendaftaran Anggota TNI Online, Penerimaan Perwira Bintara Tamtama TNI, Penerimaan Prajurit Karier TNI, Pembukaan Penerimaan TNI AD AL AU, Penerimaan Calon Anggota TNI, Penerimaan Taruna Akademi TNI, Tentara Nasional Indonesia. 2019. 2020.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Penerimaan Anggota TNI 2017-2018. Informasi ini disampaikan sebagai bahan panduan bagi anda dalam persiapan pendaftaran anggota TNI. Mari simak ulasannya berikut ini.

http://tnipolri.infopmb.com/

TNI atau Tentara Nasional Indonesia adalah pasukan perang yang dimiliki oleh Indonesia untuk menjaga wilayah keamanan di Darat, Laut, dan Udara, serta menjalankan tugas-tugas lainnya untuk membela Negara Indonesia.

Ada 3 macam angkatan dari TNI, yaitu TNI Angkatan Darat atau disingkat TNI AD, TNI Angkatan Laut atau disingkat TNI AL, TNI Angkatan Udara atau disingkat TNI AU.

Pimpinan tertinggi dari TNI yang memberikan komando pada pasukan TNI AD, TNI AL, dan TNI AU adalah Panglima TNI.

Panglima TNI adalah seseorang yang mempunyai wewenang komando operasional militer untuk menggerakkan pasukan atau alat negara (Wikipedia).

Jabatan Panglima TNI pertama kali dijabat oleh Jenderal Soedirman, yang pada saat itu bernama Panglima Besar Tentara Keamanan Rakyat atau Panglima TKR (Wikipedia).

Sebagai Panglima TNI pertama, Jenderal Soedirman tidak dipilih oleh Presiden Soekarno, tetapi dipilih oleh para anggota TKR sendiri melalui sebuah rapat yang disebut Konferensi TKR pada tanggal 12 November 1945 (Wikipedia).

Sedangkan untuk saat ini, pemilihan Panglima TNI ditunjuk oleh Presiden Republik Indonesia dengan didasarkan pada persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Telah disebutkan di atas bahwa ada 3 macam angkatan dari TNI yaitu TNI AD, TNI AL, dan TNI AU. Dari ketiga angkatan tersebut, masing-masingnya memiliki jenjang kepangkatan. Jenjang kepangkatan tertinggi yaitu Perwira, Kemudian di bawahnya yaitu Bintara, dan yang paling rendah yaitu Tamtama. Dari ketiga jenjang kepangkatan tersebut tentunya masing dibagi-bagi lagi.

Bagi anda yang berkeinginan untuk bisa masuk menjadi anggota TNI, maka silahkan daftarkan diri anda mengikuti proses rekrutmen yang dibuka. Setelah lulus dari proses rekrutmen, kemudian akan mengikuti pendidikan selama beberapa bulan dan akhirnya bisa menjadi anggota TNI.

Selain melalui proses rekrutmen, salah satu cara untuk menjadi anggota TNI juga dapat ditempuh dengan mengikuti jalur akademik yang dengan mengikuti pendidikan terlebih dahulu dan setelah lulus bisa langsung menjadi anggota TNI. Jalur akademik yang diselenggarakan oleh TNI yaitu AKMIL, AAL, dan AAU.

Berikut ini admin akan memberikan informasi lebih rinci mengenai Penerimaan Anggota TNI, baik TNI AD, TNI AL, maupun TNI AU. Simak informasi dengan baik.

A. Penerimaan Anggota TNI AD

TNI AD atau Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat adalah tentara yang dimiliki Indonesia yang utamanya bertugas menjaga keamanan di wilayah darat Indonesia.

Anggota TNI AD yaitu Perwira TNI AD, Bintara TNI AD, dan Tamtama TNI AD. Bagi anda yang ingin menjadi anggota TNI AD, berikut admin berikan informasinya untuk anda.

1. Penerimaan Perwira Prajurit Karier TNI AD

Penerimaan Perwira Prajurit Karier TNI diperuntukkan bagi lulusan Diploma 3 (D3), Sarjana (S1), dan Sarjana Profesi (S1 Profesi).

Bagi anda yang memiliki kualifikasi di atas dan berkeinginan untuk menjadi anggota TNI pada tingkat Perwira Prajurit Karier TNI, silahkan daftarkan diri anda dengan mengikuti semua prosedur dan aturan yang telah ditetapkan.

Informasi selengkapnya dapat anda baca pada artikel tersendiri yang berjudul Penerimaan Perwira Prajurit Karier TNI AD. Silahkan kunjungi artikel tersebut.

2. Penerimaan Bintara TNI AD

Penerimaan Bintara TNI AD diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK/sederajat. Apabila anda adalah lulusan dari jenjang pendidikan tersebut, dan telah lama memiliki cita-cita untuk menjadi anggota TNI pada tingkat Bintara TNI AD, maka wujudkanlah cita-cita anda dengan mendaftarkan diri menjadi calon Bintara TNI AD.

Informasi lebih lanjut dapat anda baca secara lengkap pada artikel Penerimaan Bintara TNI AD. Kunjungi artikel tersebut lalu baca dan pahami informasinya.

3. Penerimaan Tamtama TNI AD

Penerimaan Tamtama TNI AD diperuntukkan bagi lulusan serendah-rendahnya adalah lulusan SMP/Tsanawiyah atau yang setara baik negeri atau swasta yang terakreditasi.

Bagi anda lulusan dari jenjang pendidikan tersebut dan memiliki keiniginan untuk menjadi anggota TNI pada Tamtama TNI AD, maka silahkan daftarkan diri anda.

Informasi lebih lanjut dapat anda baca selengkapnya pada artikel yang berjudul Penerimaan Tamtama TNI AD. Silahkan anda kunjungi artikel tersebut.

B. Penerimaan Anggota TNI AL

TNI AL atau Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut adalah tentara yang dimiliki Indonesia yang tugas utamanya yaitu menjaga keamanan di wilayah laut / perairan Indonesia.

Bagi anda yang ingin menjadi anggota TNI AL, berikut adin berikan informasi penerimaan calon anggota TNI AL. Simak dengan baik.

1. Penerimaan Perwira Prajurit Karier TNI AL

Sama seperti pada Penerimaan Perwira Prajurit Karier TNI AD, Penerimaan Perwira Prajurit Karier TNI AL juga diperuntukkan bagi lulusan Diploma 3 (D3), Sarjana (S1), dan Sarjana Profesi (S1 Profesi).

Bagi yang berminat, silahkan baca informasinya secara lengkap pada artikel Penerimaan Perwira Prajurit Karier TNI AL.

2. Penerimaan Bintara TNI AL

Penerimaan Bintara TNI AL diperuntukkan bagi minimal lulusan SMA/MA/SMK. Bagi yang memiliki kualifikasi tersebut dan bercita-cita menjadi anggota TNI pada Bintara TNI AL, silahkan daftarkan diri anda.

Silahkan anda baca pembahasan selengkapnya mengenai Bintara TNI AL pada artikel yang secara khusus membahas hal tersebut yang judulnya Penerimaan Bintara TNI AL.

3. Penerimaan Tamtama TNI AL

Penerimaan Tamtama TNI AL diperuntukkan bagi serendah-rendahnya lulusan SLTP/sederajat. Bagi anda lulusan SLTP/sederajat dan berminat menjadi anggota TNI pada tingkat Tamtama TNI AL, maka silahkan daftarkan diri anda.

Untuk mengetahui informasi selengkapnya, maka silahkan anda kunjungi artikel berikut ini : Penerimaan Tamtama TNI AL.

C. Penerimaan Anggota TNI AU

TNI AU atau Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara adalah tentara yang dimiliki Indonesia yang tugas pokoknya yaitu menjaga keamanan di wilayah udara Indonesia.

Berikut ini admin berikan informasi penerimaan anggota TNI AU. Silahkan disimak dengan baik.

1. Penerimaan Perwira Prajurit Karier TNI AU

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa Penerimaan Perwira Prajurit Karier TNI diperuntukkan bagi yang telah lulus dari kuliah pada jenjang Diploma 3 (D3), Sarjana (S1), dan Sarjana Profesi (S1 Profesi). Hal itu juga berlaku untuk penerimaan Perwira Prajurit Karier TNI AU.

Jika anda berminat untuk menjadi anggota TNI AU pada tingkat Perwira Prajurit Karier TNI AU, silahkan daftarkan diri anda dengan terlebih dahulu membaca informasinya pada artikel yang berjudul Penerimaan Perwira Prajurit Karier TNI AU.

2. Penerimaan Bintara TNI AU

Seperti Penerimaan Bintara pada TNI lainnya, Penerimaan Bintara TNI AU juga diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK/sederajat.

Untuk anda lulusan jenjang pendidikan di atas dan memiliki cita-cita untuk menjadi anggota Bintara TNI AU, silahkan daftarkan diri anda dengan mengikuti semua ketentuan yang berlaku.

Informasi lebih lanjut dapat anda baca selengkapnya pada artikel yang secara khusus membahas hal tersebut. Silahkan kunjungi artikel : Penerimaan Bintara TNI AU.

3. Penerimaan Tamtama TNI AU

Bagi anda lulusan SLTA/sederajat, maka anda dapat mendaftarkan diri menjadi anggota TNI pada tingkat Tamtama TNI AU.

Untuk informasi pendaftaran secara lengkap dapat anda baca dengan mengunjungi artikel yang berjudul Penerimaan Tamtama TNI AU.

D. Penerimaan Taruna/i Akademi TNI

Taruna-taruni Akademi TNI adalah pendidikan akademik yang diselenggarakan oleh TNI untuk mencetak Perwira TNI.

Setiap angkatan dari TNI menyelenggarakan pendidikan akademik untuk mencetak Perwira TNI masing-masing. Berikut informasi selengkapnya :

1. Penerimaan Taruna AKMIL

AKMIL atau Akademi Militer adalah pendidikan akademik yang diselenggarakan oleh TNI AD untuk mencetak Perwira TNI AD. Bagi anda yang berminat, silahkan anda mendaftarkan diri. Baca informasi selengkapnya pada artikel berikut : Penerimaan Taruna AKMIL.

2. Penerimaan Taruna AAL

AAL atau Akademi Angkatan Laut adalah pendidikan akademik yang diselenggarakan oleh TNI AL untuk mencetak Perwira TNI AL. Silahkan baca informasi Taruna AAL pada artikel Penerimaan Taruna AAL.

3. Penerimaan Taruna AAU

AAU atau Akademi Angkatan Udara adalah pendidikan akademik yang diselenggarakan oleh TNI AU untuk mencetak Perwira TNI AU. Bagi yang ingin mendaftar, silahkan baca informasinya pada Penerimaan Taruna AAU.

E. Penerimaan Prajurit Karir TNI

1. Penerimaan Mahasiswa Beasiswa TNI

Penerimaan Mahasiswa Beasiswa TNI diperuntukkan bagi mahasiswa yang masih kuliah di PTN ataupun PTS semua jurusan sesuai kebutuhan yang telah mencapai minimal 110 SKS atau untuk Kedokteran Umum minimal semester 6 atau 3 semester menjelang lulus.

Bagi yang berminat, silahkan daftarkan diri anda. Informasi lebih rinci mengenai hal ini dapat anda baca secara lengkap pada artikel Penerimaan Mahasiswa Beasiswa TNI.

2. Penerimaan Tenaga Kesehatan TNI

Bagi anda seorang yang ahli dan profesional di Bidang Kesehatan dan berminat berkarier menjadi bagian dari TNI, ada sebuah kabar bahwa TNI membuka penerimaan calon tenaga kesehatan TNI.

Bagi nada yang telah lulus dan berijazah S-1 Profesi/S-1/D-3 dari PTN atau PTS sesuai jurusan/program studi yang ditentukan dengan menunjukkan akreditasi program studinya minimal akreditasi “B” dan memiliki minat, silahkan daftarkan diri anda menjadi calon Tenaga Kesehatan TNI. Baca informasinya pada artikel : Penerimaan Tenaga Kesehatan TNI.

3. Penerimaan PSDP Penerbangan TNI

Penerimaan PSDP Penerbangan TNI diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK. Bagi anda lulusan dari jenjang pendidikan tersebut dan berminat untuk mendaftar, silahkan baca informasinya pada artikel berikut : Penerimaan PSDP Penerbangan TNI

Demikianlah informasi mengenai Penerimaan Anggota TNI AD, TNI AL, dan TNI AU. Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda.

Baca Juga : Jadwal Penerimaan Anggota TNI , Penerimaan Anggota POLRI

Mari bagikan informasi ini dengan klik tombol G+1 yang tersedia. Jangan lupa untuk like halaman web kami. Terima kasih atas kunjungan anda dan selamat membaca.