Penerimaan Bintara TNI AD 2017-2018

Bintara TNI AD 2017 -- Seleksi Calon Bintara TNI AD, Rekrutmen Bintara TNI AD, Penerimaan Caba TNI AD, Rekrutmen Bintara Prajurit TNI AD, Secaba TNI AD, Pendaftaran TNI AD, Penerimaan Ba PK TNI AD, Seleksi Penerimaan Calon Bintara Prajurit Karier TNI AD, Persyaratan Penerimaan Bintara PK TNI AD, TNI Angkatan Darat, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat, 2019. 2020.

Informasi yang akan diberikan pada kesempatan ini yaitu tentang Penerimaan Bintara TNI AD 2017-2018. Dengan adanya informasi ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi anda dalam proses persiapan pendaftaran bintara TNI AD. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://tnipolri.infopmb.com/

Bintara adalah tanda kepangkatan pada TNI yaitu di atas Tamtama dan di bawah Perwira. Tanda kepangkatan ini berlaku untuk seluruh Angkatan pada TNI, yaitu pada TNI AD, TNI AL, dan TNI AU.

Bintara TNI AD adalah jenjang kepangkatan pada TNI AD yaitu di atas Tamtama TNI AD dan di bawah Perwira TNI AD.

Untuk Penerimaan Bintara TNI AD, maka sumbernya adalah Bintara dari masyarakat umum atau Bintara dari Tamtama.

Bagi anda lulusan minimal SMA/MA/SMK baik negeri atau swasta yang terakreditasi sesuai kebutuhan, maka bisa mendaftar Bintara TNI AD. Ini artinya adalah anda calon Bintara dari masyarakat umum. Berikut persyaratan dan ketentuan yang harus anda ikuti.

Persyaratan Umum Pendaftaran Bintara TNI AD
  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945
  4. Berumur sekurang-kurangnya 18 tahun dan setinggi-tingginya 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan pertama
  5. Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Republik Indonesia
  6. Sehat jasmani dan rohani serta tidak berkacamata; dan
  7. Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap

Persyaratan Khusus Pendaftaran Bintara TNI AD
  1. Laki-laki dan/atau perempuan, bukan anggota/mantan prajurit TNI/Polri atau PNS TNI.
  2. Berijazah minimal SMA/MA/SMK baik negeri atau swasta yang terakreditasi sesuai kebutuhan, dengan persyaratan nilai rata-rata UN harus sesuak ketentuan. (akan diupdate nanti) 
  3. Memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 165 cm untuk laki-laki dan 160 cm untuk perempuan serta memiliki berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.
  4. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan pertama sampai dengan 2 (dua) tahun setelah selesai pendidikan pertama.
  5. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 (sepuluh) tahun.
  6. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  7. Harus mengikuti pemeriksaan/pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan yang meliputi : administrasi, kesehatan, jasmani, mental ideologi, psikologi dan akademik.

Persyaratan Tambahan Pendaftaran Bintara TNI AD
  1. Harus ada surat persetujuan orang tua/wali dan orang tua/wali selama proses penerimaan prajurit TNI AD tidak melakukan intervensi terhadap panitia penerimaan maupun penyelenggara pendidikan pertama dalam bentuk apapun, kapanpun dan dimanapun.
  2. Bagi yang memperoleh ijazah dari negara lain atau lembaga pendidikan di luar naungan Kemendikbud, harus mendapat pengesahan dari Kemendikbud.
  3. Tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan adat.
  4. Bagi yang sudah bekerja diharuskan :
    • Melampirkan surat persetujuan/ijin dari kepala dinas / jawatan / instansi yang bersangkutan
    • Bersedia diberhentikan dari status pegawai, bila diterima menjadi Bintara PK TNI AD.
  5. Melampirkan surat keterangan dari Babinsa setempat dengan diketahui Lurah/Kades asal tempat tinggal.
  6. Bersedia mematuhi peraturan bebas KKN baik langsung maupun tidak langsung, apabila terbukti secara hukum melanggar sebagaimana yang dimaksud, maka harus bersedia dinyatakan tidak lulus dan atau dikeluarkan dari Dikma, jika pelanggaran tersebut ditentukan dikemudian hari pada saat mengikuti pendidikan pertama.

Tata Cara Pendaftaran Bintara TNI AD
  1. Buka alamat : ad.rekrutmen-tni.mil.id
  2. Pilih menu Bintara. Jika pendaftaran dibuka, maka menu tersebut bisa di klik.
  3. Daftarkan diri anda dengan menekan tombol "Daftar/Registrasi"
  4. Lalu muncul halaman Proses Mengisi Form Pendaftaran. Isilahlah data-data yang diminta pada halaman tersebut yang berupa nama anda, pendidikan, tempat dan tanggal lahir, nomor KTP, dan email anda.
  5. Jika telah mengisi data tersebut, lalu klik tombol "daftar"
  6. Selanjutnya sistem akan menginput data anda. Jika sistem mendeteksi adanya kesalahan input, data tidak ada diproses dan akan ditampilkan pesan error untuk kesalahan input tersebut. Jika tidak ada kesalahan input, akan ditampilkan halaman yang menyatakan bahwa registrasi sukses.
  7. Selanjutnya anda akan mendapatkan username dan password yang dapat digunakan untuk melakukan pendaftaran tahap selanjutnya. Silahkan cek email anda yang telah anda daftarkan karena username dan password juga dikirim ke email tersebut.
  8. Buka kembali alamat ad.rekrutmen-tni.mil.id untuk login.
  9. Isilah kolom yang tersedia dengan username dan password yang anda miliki, kemudian klik "login".
  10. Selanjutnya mengikuti Proses Mengisi Form Data Profil Pendaftar yang terdiri dari data pribadi, data orang tua, data wilayah dan matra, data pendidikan, serta menyetujuan peraturan penerimaan prajurit TNI.
  11. Setelah selesai mengisi data, lalu tekan tombol "selesai"
  12. Lalu akan muncul konfirmasi data. Jika ada yang masih salah, silahkan klik "ubah data". Jika telah benar, silahkan "simpan"
  13. Jika anda belum yakin dengan isian / pilihannya, klik logout dan data tidak akan tersimpan. Pendaftar bisa kembali login di lain waktu untuk mengisi form pendaftaran dengan mengulangi dari langkah awal.
  14. Jika anda memilih untuk menyimpan data, maka akan tampil data yang telah anda isi.
  15. Selanjutnya cetaklah formulir pendaftaran dengan klik tombol "Cetak Halaman Ini"
  16. Untuk menyimpan bukti formulir pendaftaran, klik menu "File Save Page As ..."
  17. Jika sudah selesai melihat formulir ini, silahkan klik "Logout" untuk keluar dari halaman pendaftaran

                                              Itulah tata cara pendaftaran yang dapat anda ikuti. Apabila seandainya ada perbedaan/perubahan tata cara pendaftaran, silahkan ikuti yang ada di website resminya.

                                              Setelah melakukan pendaftaran online, kemudian satukan berkas pendaftaran online tersebut dengan berkas lainnya untuk dibawa ke Panda / Subpanda terdekat untuk di periksa.

                                              Materi Seleksi

                                              Materi yang akan diujikan pada seleksi  Bintara TNI AD diberikan pada 2 tahap, yaitu tahap awal dan tahap seleksi tingkat pusat.
                                              1. Pengecekan tahap awal, dilaksanakan oleh Panda / Subpanda dengan materi pemeriksaan / pengujian sebagai berikut : Pemeriksaan administrasi, Pemeriksaan kesehatan, dan Pemeriksaan postur.
                                              2. Seleksi tingkat Panpus / Subpanpus, dilaksanakan oleh Tim Pusat di daerah dengan materi pemeriksaan / pengujian sebagai berikut : Pemeriksaan administrasi, Pemeriksaan kesehatan, Rik/Uji jasmani (Garjas A dan B, postur, serta ketangkasan renang), Pemeriksaan Mental Ideologi, Pemeriksaan Psikologi, dan Pengujian Akademik.

                                              Jadwal Pelaksanaan

                                              Jadwal Penerimaan Bintara TNI AD lengkap silahkan buka disini

                                              Biaya Seleksi

                                              Ingat!! selama proses penerimaan berlangsung, panitia tidak memungut biaya apapun pada calon. Jika ada yang mengatas namakan panitia untuk meminta bayaran, maka sudah pasti itu penipuan. Segera laporkan ke panitia terdekat.


                                              Demikianlah informasi tentang Penerimaan Bintara TNI AD yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Mudah-mudahan informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda.

                                              Untuk informasi penerimaan calon anggota TNI silahkan baca disini : Baca Juga : Penerimaan Anggota TNI atau Penerimaan TNI AD AL AU

                                              Admin turut mendoakan semoga harapan anda untuk bisa lulus seleksi Bintara TNI AD dapat terwujudkan. Amin,.

                                              Terima kasih atas kunjungan anda. Jangan lupa untuk like halaman web kami dan berbagi (G+1) info ini pada teman atau kerabat anda yang membutuhkan.